Sejarah Transplantasi Ginjal

Cangkok Ginjal  > artikel >  Sejarah Transplantasi Ginjal

Sejarah Transplantasi Ginjal

0 Comments
Joseph E. Murray

 

Transplantasi ginjal tak lepas dari sejarah panjang bagaimana para dokter mengupayakan untuk mengobati berbagai masalah yang terjadinya pada ginjal. Di dalam prosesnya juga terjadi kegagalan tapi kegagalan – kegagalan ini menjadi dasar dalam berkembangannya dan penyempurnaan proses pengobatan tranplantasi ginjal.

 

Sejarah Transplantasi Ginjal di Dunia

 

Mattheu Jaboulay
Mattheu Jaboulay

Transplantasi ginjal pada manusia pertama dilakukan pada tahun 1906 oleh Mattheu Jaboulay di Lyon. Prosedur dilakukan dengan menggunakan ginjal babi kepada perempuan 49 tahun dengan kondisi progressive kidney dysfunction disebabkan oleh Bright’s disease. Ernst Unger seorang dokter bedah pada tahun 1912 melakukan prosedur transplantasi terhadap seorang gadis berumur 21 tahun dengan progressive kidney dysfunction. Tranplantasi menggunakan donor 2 ginjal monyet, pasien meninggal 32 jam setelah dilakukan operasi.

 

Yuri Yurijevich Voronoy
Yuri Yurijevich Voronoy

Transplantasi ginjal menggunakan ginjal manusia pertama dilakukan oleh Yuri Yurijevich Voronoy. Dokter yang lahir tahun 1896 di ukraina ini pada tanggal 3 April 1933 melakukan transplantasi ginjal pertama dari manusia ke manusia dengan menggunakan ginjal jenazah. Oleh karena terjadinya penolakan yang disebabkan oleh ketidakcocokan golongan darah ABO dan kondisi ginjal donor terjadi iskemia dalam jangka waktu yg lama, akhirnya pasien meninggal setelah bertahan dalam waktu 2 hari.

 

Pada tahun 1954, Joeseph E. Murray dan Peter Bent di RS Brigham Hospital, Boston telah berhasil melakukan transplantasi pertama pada anak kembar tanpa pengobatan imunosupressan (Merrill JP, 1956). Organ bertahan sampai 8 tahun. Atas dedikasinya ini, JE Murray mendapatkan medali Nobel pada tahun 1990 (Hatzinger, M, 2016). 

 

Satu demi satu proses transplantasi ginjal telah dilakukan sampai sekarang. Berbagai ilmu telah berkembang sebagai bentuk proses penyempurnaan transplantasi mulai bagimana latar belakang donor dan resipien, prosedur teknik, penatalaksaan setelah dilakukan tindakan operasi, dll. Saat ini harapan hidup pasien dengan tranplantasi ginjal di Amerika Serikat sekitar 22 tahun dan di Inggris 26 tahun (Graham CN, 2021).

 

Sejarah Transplantasi Ginjal di Indonesia

 

Transplantasi ginjal di Indonesia dipelopori oleh Almarhum Prof. dr. R.P. Sidabutar di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada tahun 1977. Pada tanggal 13 Maret 2013 telah dilakukan  transplantasi ginjal pada anak yang pertama di Indonesia. Operasi dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo oleh tim dokter yang diketuai oleh Prof. Dr. dr. Endang Susalit Sp.PD-KGH. Transplantasi ginjal di Indonesia telah dilakukan kepada 620 pasien sejak tahun 1977 – 2012 (PERNEFRI, 2013). Sebelum tahun 2011 pertumbuhan transplantasi ginjal di Indonesia sangat lambat. Terhitung dari tahun 2001–2010 hanya berkisar 5 transplantasi ginjal tiap tahunnya. Namun dalam tiga tahun terakhir ini (2012–2014) angka transplantasi ginjal di Indonesia mulai meningkat menjadi 63 transplantasi setiap tahunnya (Dewi, 2018).

Lambatnya transplantasi ginjal tidak terlepas dari tingginya biaya dan adanya krisis moneter di Indonesia. Dengan adanya BPJS, biaya pengobatan menjadi lebih terjangkau dan diharapkan lebih banyak pasien yang bisa menjalani transplantasi ginjal.

Saat ini di Indonesia sudah ada sekitar 10 Rumah Sakit yang bisa melaksanakan transplantasi ginjal dengan jaminan BPJS Kesehatan. Rumah Sakit tersebut antara lain :

  1. RSUD DR. Zainoel Abidin Banda Aceh
  2. RSU Adam Malik Medan
  3. RSUP DR. M. Jamil Padang
  4. RSUP Dr. M. Hoesin Palembang
  5. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
  6. RSUP DR. Kariadi Semarang
  7. RSUP DR. Sardjito Yogyakarta
  8. RSUD DR. Soetomo Surabaya
  9. RSUD DR. Saiful Anwar Malang
  10. RSUP Sanglah Denpasar

Transplantasi ginjal menjadi salah satu harapan bagi pasien gagal ginjal agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

Daftar Pustaka:

  • M Hatzinger M Stastny P Grützmacher M Sohn, 2016,[The history of kidney transplantation]
  • Christopher N. Graham, Crystal Watson, Arie Barlev, Matt Stevenson, Vikas R. Dharnidharka, 2021, Mean lifetime survival estimates following solid organ transplantation in the US and UK.
  • Edouard Matevossian, et al, 2009, Surgeon Yurii Voronoy (1895–1961) – a pioneer in the history of clinical transplantation: in Memoriam at the 75th Anniversary of the First Human Kidney Transplantation.
  • Merrill JP, Murray JE, Harrison JH, Guild WR. 1956, Successful homotransplantation of the human kidney between identical twins. Jama.
  • Dewi, Makassari, 2018, Kebijakan Transplantasi Ginjal di Indonesia – Renal Transplant Policy in Indonesia, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 21 No. 1 Januari 2018: 32 – 40.
  • PERNEFRI, 2013, Konsensus Transplantasi Ginjal Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *