Cangkok Ginjal RSSA Malang

Cara Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat? - RSSA Malang

Cara Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat?

0 Comments

ginjal
ginjal

Cara Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat?

Oleh: dr. Firdha Rosita

 

Apakah Ginjal Anda baik-baik saja? Sangat penting untuk menjaga ginjal Anda agar tetap sehat. Kenapa?

Ginjal membuang produk buangan dari tubuh dengan menyaring mereka melalui darah, seperti mesin pencuci. Setiap harinya, sebanyak 180 liter darah tersaring oleh ginjal. Darah Anda menjadi bersih sebanyak 50 kali dalam sehari. Fungsi ginjal Anda sangatlah penting.

 

Jadi, perlakukan ginjal Anda dengan Benar!

Bagaimana?

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terserang penyakit ginjal.

 

Tetap bugar, Tetap aktif

Ini dapat membantu mempertahankan berat badan ideal, mengurangi tekanan darah dan risiko Penyakit Ginjal Kronis.

Contohnya melakukan kegiatan seperti bergerak melintasi area publik dengan berjalan, berlari, dan bersepeda.

 

Makan makanan yang sehat

Ini dapat membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi tekanan darah, mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kondisi lain yang terkait dengan Penyakit Ginjal Kronis.

Kurangi asupan garam Anda. Asupan natrium yang disarankan adalah 5-6 gram garam per hari. Ini termasuk garam yang sudah ada dalam makanan Anda (sekitar satu sendok teh). Untuk mengurangi asupan garam, cobalah dan batasi jumlah makanan olahan dan restoran dan jangan tambahkan garam ke makanan. Akan lebih mudah untuk mengontrol asupan garam Anda jika Anda menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar.

 

Periksa dan kendalikan gula darah Anda

Sekitar setengah dari orang yang menderita diabetes tidak tahu mereka menderita diabetes. Karena itu, Anda perlu memeriksa kadar gula darah sebagai bagian dari pemeriksaan tubuh secara umum. Ini sangat penting bagi mereka yang mendekati usia paruh baya atau lebih tua. Sekitar setengah dari orang yang menderita diabetes mengalami kerusakan ginjal. Tetapi hal ini dapat dicegah / dibatasi jika diabetes terkontrol dengan baik. Periksa fungsi ginjal Anda secara teratur dengan tes darah dan urin.

 

Periksa dan kendalikan tekanan darah Anda

Seperti halnya diabetes, tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal Anda. Ini sangat mungkin terjadi ketika dikaitkan dengan faktor-faktor lain seperti diabetes, kolesterol tinggi dan Penyakit Kardiovaskular. Risiko dapat dikurangi dengan kontrol tekanan darah yang baik.

Tingkat tekanan darah orang dewasa normal adalah 120/80 mmHg. Hipertensi didiagnosis jika, ketika diukur pada dua hari yang berbeda, pembacaan tekanan darah sistolik pada kedua hari adalah ≥140 mmHg dan / atau pembacaan tekanan darah diastolik pada kedua hari adalah ≥90 mmHg.

Jika tekanan darah Anda terus-menerus naik di atas kisaran normal (terutama jika Anda masih muda), Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas risiko, perlunya modifikasi gaya hidup dan perawatan obat. Terbaik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

Ambil asupan cairan yang tepat

Tingkat asupan cairan yang tepat untuk setiap individu tergantung pada banyak faktor termasuk olahraga, iklim, kondisi kesehatan, kehamilan dan menyusui.

Ini berarti asupan cairan sekurangnya 8 gelas, sekitar 2 liter (liter) per hari untuk orang sehat dalam kondisi iklim yang nyaman.

Ini perlu disesuaikan ketika dalam kondisi iklim yang parah. Asupan cairan Anda mungkin perlu disesuaikan jika Anda memiliki penyakit ginjal atau jantung atau hati. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang asupan cairan yang sesuai untuk kondisi Anda.

 

Jangan merokok

Merokok memperlambat aliran darah ke ginjal. Ketika lebih sedikit darah mencapai ginjal, itu dapat menurunkan kemampuan mereka untuk berfungsi secara normal. Merokok juga meningkatkan risiko kanker ginjal sekitar 50 persen.

 

Jangan minum pil antiinflamasi / pereda nyeri secara teratur

Obat-obatan umum seperti anti-inflamasi non-steroid (NSAID) / pembunuh rasa sakit (misal Obat-obatan seperti ibuprofen) dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara teratur.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal atau penurunan fungsi ginjal, meminum beberapa dosis saja dapat membahayakan ginjal Anda. Jika ragu, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

 

Periksalah fungsi ginjal Anda jika Anda memiliki satu atau lebih faktor ‘risiko tinggi’

  • Anda menderita diabetes
  • Anda menderita hipertensi
  • Anda gemuk
  • Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ginjal

 

Jadi, perlakukan ginjal Anda dengan Benar!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *