Cangkok Ginjal RSSA Malang

Seminar Awam Transplantasi Ginjal - Cangkok Ginjal RSSA Malang

Seminar Awam Transplantasi Ginjal

0 Comments

foto bersama
foto bersama

RSUD Dr. Iskak Tulungagung bekerja sama dengan RSU Saiful Anwar Malang dalam rangka menyelenggarakan seminar untuk masyarakat awam. Acara dilaksanakan di Hotel Istana lantai 6 Tulungagung pada tanggal 5 Januari 2020. Acara yang dihadiri oleh 175 peserta ini mengangkat tema “Seminar Awam tentang Transplantasi Ginjal” yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang Transplantasi Ginjal sebagai pengobatan yang terbaik saat ini bagi penderita gagal ginjal kronis. Peserta mayoritas adalah penderita Gagal Ginjal yang telah menjalani cuci darah.

 

Acara ini dihadiri oleh Dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes sebagai Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, pemateri dari RSU Saiful Anwar Malang : dr Atma Gunawan, SpPD-KGH, Dr Nur Samsu, SpPD-KGH, Dr Achmad Rifa’i, SpPD.

para pemateri
para pemateri

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dr. Rina Melinda, SpPD, Dr Achmad Rifa’i, SpPD dan Dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para pakar dan dimoderatori oleh Dr. Rina Melinda, SpPD. Sesi pemberian materi dimulai oleh Dr. Nur Samsu, SpPD-KGH tentang seperti apa itu Transplantasi Ginjal, keuntungan dan kekurangan metode pengobatan ini. Sesi dilanjutkan oleh Dr Atma Gunawan, SpPD-KGH yang membicarakan tentang persyaratan Donor dan Resipien (Penerima) Ginjal dan membicarakan metode yang dilakukan dalam pelaksanaan Transplantasi Ginjal. Sesi terakhir ditutup oleh Dr. Achmad Rifai, SpPD yang mengangkat tema tentang pembiayaan dan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum dilakukan operasi Transplantasi Ginjal dan menitikberatkan bagaimana pembiayaan di era JKN BPJS Kesehatan saat ini. Setelah dilakukan tanya jawab dengan para pakar, sesi selanjutnya adalah berbagi pengalaman dari pasien yang telah melakukan Transplantasi ginjal. Sesi ini disampaikan oleh Pak Suji yang telah menjalani cangkok ginjal selama 4 tahun dan Pak Samuri yang juga telah menjalani cangkok ginjal selama 3 tahun.

(Materi bisa diunduh disini)

testimoni pasien transplantasi ginjal
testimoni pasien transplantasi ginjal

Pada sesi diskusi dan berbagi pengalaman ini diharapkan bisa memberikan motivasi untuk melaksanakan Transplantasi Ginjal dan bisa meningkatkan kualitas hidup lebih baik bagi penderita Gagal Ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *